Sheba | BERDAGANG MEMBUAT BAHAGIA?
22701
post-template-default,single,single-post,postid-22701,single-format-standard,woocommerce-no-js,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.7,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive
 

BERDAGANG MEMBUAT BAHAGIA?

BERDAGANG MEMBUAT BAHAGIA?

Oleh: Rosita (Account Executive)

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens.

Jadi, kebahagian juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang membuat hati merasa senang dan gembira.

Namun, jangan sampai kebahagiaan hanya diartikan sebagai sesuatu yang telah berhasil diraih di dunia, namun melupakan kebahagiaan sesunggunya yaitu menggapai ridho-Nya.

Urusan dunia dan akhirat memang harus seimbang ya, agar apa yang kita lakukan dimudahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Dalam arti, selalu maksimalkan dua sisi tadi.

Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma pernah menyatakan,

إذا أصبحت فلا تنتظر المساء ، وإذا أمسيت فلا تنتظر الصباح ، وخذ من صحتك لمرضك ، ومن حياتك لموتك

“Jika engkau berada di pagi hari, jangan tunggu sampai petang hari. Jika engkau berada di petang hari, jangan tunggu sampai pagi. Manfaatkanlah waktu sehatmu sebelum datang sakitmu. Manfaatkanlah waktu hidupmu sebelum datang matimu.” (HR. Bukhari)

Sahabat sekalian,

Sebagai pedagang, kita selalu berharap bahwa apa yang kita lakukan, bisnis yang kita jalankan, dan hasil yang kita peroleh benar-benar barokah dan mendapat ridho dari Allah ta’ala.

Jadi, bisnis sebenarnya bukan semata tentang strategi, taktik, omzet, untuk dan rugi, tapi disisi lain daripada itu bagaimana bisnis menjadi wasilah kita menjadi semakin taat, semakin shalih, semakin beramal kebaikan, sedekah banyak, taqarrub kita kepada Allah ta’ala semakin dekat.

Karena bisnis bukan sedekar untung dan rugi, tapi surga neraka.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam seringkali memuji dan memotivasi para pedagang. Diantaranya beliau bersabda:

التاجر الصدوق الأمين مع النبيين والصديقين والشهداء

“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada” (HR. Tirmidzi no.1209, ia berkata: “Hadits hasan, aku tidak mengetahui selain lafadz ini”)

Masyaa Allah..

Berapa bahagianya jalan bagi para pedagang. Rugi bukan lagi soal masalah. Untung malah jadi tambah berkah. Asalkan hidup sesuai syariah, in syaa Allah berkah.

***

Berminat menjadi Agen Resmi Sheba? Pelajari selengkapnya  atau hubungi saya disini.

No Comments

Post a Comment