Sheba | BERILMU SEBELUM BERJUALAN
22707
post-template-default,single,single-post,postid-22707,single-format-standard,woocommerce-no-js,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.7,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive
 

BERILMU SEBELUM BERJUALAN

BERILMU SEBELUM BERJUALAN

Oleh: Rosita (Account Executive)

Melihat zaman sekarang yang serba mudah dengan teknologi super canggih membuat saya teringat pelajaran masa SD tentang teknologi yang digunakan manusia pada zaman dahulu. Mulai informasi sampai transaksi jual beli.

Beberapa abad silam, untuk menyampaikan informasi masih sangat sederhana. Seperti saat ingin mengirimkan surat, dahulu masih menggunakan ekspedisi burung merpati 😀 menulisnya pun tidak menggunakan kertas. Ada yang menggunakan daun lontar, kulit binatang dan kulit pohon. Penanya juga masih sangat sederhana.

Sama halnya dalam jual beli, dahulu belum ada mata uang untuk transaksi. Masih menggunakan sistem barter atau yang bisa disebut dengan tukar barang sesuai harga barang yang ingin dimiliki. Pangsa pasarnya pun tidak meluas, hanya di sekitar daerah tersebut saja karena kendaraan pun dahulu belum ada motor dan mobil seperti sekarang ini.

Beda dengan era digital sekarang, sangat memudahkan kita dalam mencari informasi bahkan mencari uang. Mau cari informasi dunia tinggal ketik di kolom search engine, saring info yang tercantum dari berbagai sumber. Selesai.

Jasa pengiriman juga sudah semakin canggih, bahkan jika ingin pesan makan pun bisa sambil tiduran di kamar. Luar biasa kan? J kita sangat dimanjakan dengan teknologi.

Buat bunda yang ingin mendapatkan penghasilan lebih pun bisa memanfaatkan teknologi secanggih sekarang. Seperti Instagram dan facebook. Jika belum memiliki modal yang banyak untuk menyewa atau membeli toko untuk berjualan, bisa menggunakan Instagram dan facebook sebagai media penjualan.

Apabila modal yang ada dirasa belum mencukupi untuk usaha pribadi, bunda dan ukhti bisa search akun-akun jualan terpercaya dan menjadi dropship. Jika memiliki cukup modal bias join sebagai reseller atau agennya. Tentu ini masih dengan tingkat resiko yang masih rendah disbanding harus buka bisnis sendiri.

Walaupun demikian, kita tetap harus memiliki ilmunya agar bisnis yang dijalankan dapat berjalan lancar. Karena tanpa ilmu bagaikan berlayar tanpa arah. Yang hala jadi haram, yang haram jadi halal. Ini pentingnya belajar ilmu fikih dalam berjualan.

“Padahal Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba.” (Qs. Al Baqarah 275)

Imam As Syafi’I pernah berpetuah, “Barang siapa yang menginginkan keuntungan di dunia, maka hendaknya ia berilmu dan barang siapa yang menginginkan keuntungan akhirat, maka hendaknya ia juga berilmu.”

Jauh-jauh hari Khalifah Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu telah berpesan kepada kaum muslimin secara umum:

“Hendaknya tidaklah berdagang di pasar kita selain orang yang telah faham (berilmu), bila tidak, niscaya ia akan memakan riba.” (Ucapan beliau dengan teks demikian ini dinukilkan oleh Ibnu Abdil Bar Al Maliky)

Jazakumulloh khoyr bunda dan ukhti J

Ingin memulai bisnis dengan menjadi Agen Resmi Sheba dan belajar bisnis di kelas www.kelasonlinesheba.com ? Pelajari Selengkapnya atau Ngobrol dengan saya.

No Comments

Post a Comment